Exostans☺
About Bias Stuff Link Home Instagram Twitter Tumblr Follow Dashboard


credit and thanksgyuu

Template Original made by : Jaera
Credit : css school image

Belajar dari SNSD #1
Sabtu, 09 Februari 2013 | Sabtu, Februari 09, 2013 | 0 comments

Belajar bagaimana cara menggapai sebuah cita2 juga meraih sebuah kesuksesan bisa dari mana saja, tidak selalu harus belajar dari seorang pengusaha yg sukses misalnya, tapi jika perlu kita juga bisa belajar dari sekumpulan remaja di dunia entertainment. Salah satunya yg menarik untuk disimak adalah perjalanan sebuah grup vokal wanita dari Korea yg dikenal dengan nama SNSD (So Nyeo Shi Dae) atau Girls’ Generation dengan 9 orang anggotanya yaitu Taeyeon, Jessica, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona dan Seohyun.

Sekilas Tentang SNSD


Secara garis besar SNSD mungkin tidak jauh beda dengan grup2 vocal papan atas lainnya dari Korea seperti misalnya T-ARA, Wonder Girls, Kara, dlsb. Namun dibandingkan grup2 vocal lainnya, SNSD yg dibentuk dari hasil audisi oleh SM Entertainment (SME) pada tahun 2007 ini memiliki segudang prestasi yg tidak mungkin untuk disebutkan semuanya disini. Silakan baca saja beragam referensi yg mengulas SNSD di Internet. Mereka meraih beragam award; bertengger lama di puncak tangga2 lagu setiap kali merilis lagu baru; bintang iklan; model; mengisi soundtrack untuk beragam produk termasuk games; mengisi soundtrack drama; hingga vendor processor sekelas Intel pun sempat memilih mereka untuk menjadi Official Advertising Model bagi Intel Asia di tahun 2011.

Samsung dan LG yg merupakan produk Korea juga tidak ketinggalan memilih SNSD sebagai model dalam bbrp iklan mereka. Begitupun dalam urusan konser, selain konser di Korea sendiri, mereka sudah berkelana ke bbrp negara Asia, lanjut ke Paris, Australia bahkan hingga ke USA. Mereka pun bahkan sempat masuk ke dunia games yaitu lewat games Girls’ Generation Shake yang dirilis oleh Dooub Inc. Game ini tersedia bagi para pengguna perangkat Apple iOS dan Android.

Di Youtube, MV (Music Video) untuk single mereka yg berjudul Gee, pada akhir Oktober 2011 tercatat memiliki 57 juta views. Kemudian MV The Boys di tahun 2011 juga memiliki rekor views yg cukup tinggi, yaitu 18 juta views hanya dalam kurun waktu satu bulan saja! MV The Boys ini juga tercatat kedalam 5 besar video di youtube yg paling banyak dilihat pada akhir bulan Oktober 2011. Nah, dengan melihat semua prestasi itu, wajar saja rasanya jika banyak media saat ini yg menyebutkan SNSD sebagai Grup Vocal Wanita Nomor 1 di Asia!!


Sebuah Perjuangan dan Kerja Keras

Kesuksesan yg diraih SNSD jelas bukan karena faktor kebetulan belaka, tapi karena sebuah perjuangan. Beragam fasilitas serta dukungan penuh yg diberikan oleh SME kepada mereka ditanggapi dengan sebuah kerja keras, disiplin dan tentunya tekad untuk meraih sebuah kesuksesan. Apa buktinya bahwa mereka bekerja keras?
Seperti halnya grup-grup vokal Korea lainnya, SNSD pun menampilkan aksi bernyanyi sambil menari / dance. Jika Anda mengira bahwa SNSD sering bernyanyi secara lipsync maka Anda salah, karena SNSD termasuk salah satu grup yg paling sering bernyanyi secara Live. Namun terlepas dari apakah mereka bernyanyi secara lipsync ataupun live, secara keseluruhan apa yg mereka suguhkan bisa menghibur. Dibilang sempurna jelas tidak, namun dance yg mereka tampilkan selalu tampak serasi dgn lagu yg dibawakan dan tampak saling mengisi satu sama lain. Sekedar catatan, fans SNSD juga bukan hanya dari kaum pria, namun para wanita pun banyak yg mengidolakan mereka.


Disinilah kita bisa melihat bahwa apa yg mereka tampilkan itu adalah hasil sebuah kerja keras dan bukan sesuatu yg dihasilkan secara instant saja. Coba perhatikan koreografi, positioning serta blocking atau penguasaan panggung mereka, ditambah dengan jumlah personelnya yg 9 orang.. jelas bukan perkara mudah untuk melatih semua itu agar tampak serasi pada 9 orang tersebut. Saya malah jadi ingat saat sekolah dulu, disuruh menghapal gerakan2 SKJ (Senam Kesegaran Jasmani) saja susahnya minta ampun :)


Jangan lupakan juga urusan fisik dan stamina. Jadwal latihan yg padat berikut jadwal pentas yg juga padat belum lagi ditambah aktifitas lainnya seperti sesi pemotretan, jumpa fans, dlsb. jelas menuntut fisik dan stamina yg bukan main-main. Cobalah untuk melihat salah satu saja dari sekian banyaknya video konser tunggal SNSD, perhatikan bagaimana mereka melakukan dance selama kurang lebih 2 jam, lalu menjelajahi ke tiap2 sudut panggung yg begitu besarnya untuk menjangkau para penonton hingga akhirnya tak jarang kita lihat para personelnya sampai bermandikan keringat.. semua itu jelas menuntut fisik dan stamina yg tangguh, dan ternyata mereka bisa melewati semua itu, tentunya dengan sebuah kerja keras.
serious on one side and cute on the other..





Hal lainnya yg. menarik adalah awal karir mereka terjadi saat mereka masih remaja atau ABG belasan tahun. Yap.. awal perjuangan untuk meraih sebuah kesuksesan berawal dari saat mereka ABG. Disaat ABG2 yg lain menghabiskan waktunya tidak keruan mereka malah bekerja keras dengan berlatih, berlatih dan berlatih terus. Entah berapa jam yg mereka habiskan tiap harinya untuk berlatih. Dan karena sebagian besar waktu dihabiskan untuk berlatih maka kita pun jarang sekali mendengar berita2 miring tentang mereka, seperti misalnya kepergok dugem sambil fly, publish foto2 seronok, ataupun hal2 miring lainnya yg umumnya menimpa artis2 pendatang baru seperti di negara kita tercinta ini.



Hingga tetesan keringat mereka akhirnya berbuah kesuksesan. Perjuangan mereka sejak masih ABG akhirnya menuai hasil. Nama SNSD saat ini mulai dikenal dimana2, bukan hanya di Korea, bukan hanya di Asia, melainkan hingga ke tingkat Internasional. Hebatnya, SNSD go Internasional tanpa melupakan tembang2 mereka yg berbahasa Korea, hingga secara tdk langsung mereka pun turut memperkenalkan Korea ke tingkat Internasional.

Jika kita perhatikan, perjuangan yg mereka lakukan sejak awal karir mereka, selalu diutarakan secara tidak langsung lewat 2 kata singkat yg diucapkan sambil mengepalkan tangan “SNSD Fighting..!!” Kalimat ini selalu mereka lontarkan dalam berbagai kesempatan, misalnya saat wawancara di TV, ataupun pada saat tampil diatas panggung, seolah menunjukan bahwa mereka memang tengah berjuang untuk mencapai apa yg mereka cita2kan. So, tidaklah heran, saat menyanyikan lagu yg berjudul “Complete” di penghujung konser pertama mereka, disamping tetesan keringat, air mata pun membasahi pipi mereka.. Kebersamaan mereka saat berjuang dari awal jelas menjadi sebuah momen yg sangat mengharukan. SNSD Fighting..!!

Peran SM Entertainment

Kesuksesan SNSD jelas tidak akan lepas dari peran SME. Fasilitas serta dukungan yg luar biasa dari SME bagi artis2 mereka patut diacungi jempol. Mereka tampak serius alias tidak main2 tiap kali mengorbitkan artis2 pendatang baru termasuk SNSD. Beberapa contoh keseriusan mereka adalah sebagai berikut:
Saat SNSD baru dibentuk pihak SME langsung menempatkan mereka dalam sebuah apartment, tentunya agar mereka lebih mengenal lagi satu sama lain, agar bisa saling kompak dan yg terutama bisa satu hati. Sebuah konsep perencanaan yg matang diperlihatkan oleh SME saat SNSD mulai menempati apartment ini. Pihak SME mendokumentasikanya yg kemudian disusun hingga menjadi sebuah Reality Show dengan topik cerita seputar kiprah para anggota SNSD ini sejak awal karir mereka. Tujuannya? jelas untuk lebih mengenalkan lagi SNSD kepada publik.

Baru beberapa saat saja SNSD dibentuk, pihak SME sudah membuatkan sebuah bus khusus untuk mereka, padahal terkenal saja belum. Tapi dengan adanya bus tersebut maka secara tidak langsung orang2 mulai mengenal SNSD. Setidaknya tiap kali bus lewat ke suatu daerah tertentu, orang pastinya bertanya2, Siapa itu SNSD? lalu mencari tau dan akhirnya kenal dengan SNSD.

Pernah melihat video konser tunggal SNSD? Coba amati tatanan stagenya yg bisa dibilang wah alias luar biasa. Saya yakin dana yg dikeluarkan oleh SME untuk membangun stage seperti itu pastinya sangat besar. Salah satu konser mereka di Singapore bahkan pernah menjadi sebuah konser artis korea termahal yg pernah diadakan disana dengan menelan biaya hingga S$ 1.8 juta..!! Dan, dengan melihat ukuran stage tersebut, kita semua sudah bisa membayangkan, pastinya dibutuhkan fisik dan stamina yg luar biasa untuk menjelajahi seluruh panggung itu..


Dan tentunya dukungan yg paling luar biasa dari SME adalah SME membawa artis2 mereka termasuk SNSD untuk mengadakan konser di beberapa negara diluar Asia, mulai dari Australia, Eropa, hingga Amerika. Sebuah perjalanan konser yg lagi2 membutuhkan biaya yg tidak sedikit dan jelas membutuhkan persiapan yg matang termasuk pola latihan yg serius alias tidak main2..


Thanks to Arhiez.net for the info

Label:

Poskan Komentar

Anda sopan, kami pun segan.